20160819

Visit Korea 2016: Seoul (Day 1)

Baru postingan ke-2 #throwbackthursday dan udah telat sehari wkwk mana ini dedikasinya untuk menghidupkan blog?! Booo payah. But it’s better late than never, anyway. Lagian telat ngepos juga karena diare hiks : (( nggak seru banget coba di hari kemerdekaan malah diare, aku belum merdeka dari diare : ((

Moving on, this #throwbackthursday is still on the visit korea 2016 topic. Bakalan lebih enak aku ceritain per hari aja kali ya. Bear with me this is gonna be a long post.

Hari 1 – Arrival day.
Tujuan utama: Edae, Alchon, N Seoul Tower.

Waktu itu, pesawat nyampe di ICN sesuai perkiraan, sekitar jam 08.30 KST dan begitu sampai di ICN tuh.. biasalah, pipis-pipis dulu, isi botol minum dulu pake air keran terus maju ke imigrasi. FYI di bandara dan di stasiun besar semacam Seoul Station ada banyak keran air minum tersebar, jadi langsung aja isi ulang botol di situ mumpung gratis! Tapi ya rasanya gitu deh ada sedikit rasa besi dan rada asin menurutku. 

Air minum gratisan penunjang kehidupan di Incheon.
Keluar dari imigrasi sebetulnya inginnya langsung mandi, badan rasanya gerah… seingetku tuh di booklet Incheon Airport Guide ada tulisan ‘shower room’, tapi aku nggak inget di lantai berapa! Sambil jalan cari sarapan aku tengok kanan kiri, ambil lah peta bandara terus ternyata ada di lantai 4 sayap kanan dan kiri arrival hall. Hm, males juga kudu balik lagi ke arrival hall, sikat gigi mandi bebek aja deh di toilet kalau gitu… : ))

Setelah sarapan (di BK, cari menu ayam bismillah ya), kita langsung cari toilet untuk bersih-bersih sikat gigi dsb, itu sekitar jam makan siang sih jam 11.30 kalau nggak salah. SALAH BANGET GAES NANGKRING LAMA DI TOILET JAM-JAM MAKAN SIANG GITU. Lupa banget kalau orang Korea sana punya kebiasaan untuk langsung sikat gigi plus touch up segera setelah selesai makan dan kita nangkring di toilet itu untuk bersih-bersih dan dandan (ehem, lipen harus tetep dipakai biar nggak kuyu-kuyu banget gitu kan) dengan berbagai koper dan ransel tersebar di lantai. Kebiasaan di kampung halaman sih…… taro aja gitu kan di lantai dan meja depan cermin-cermin, mikirnya nggak akan ada orang yang bakal diem di depan cermin-cermin itu, di kampung halaman biasanya emang cuma dipake ngaca, kan, dandannya mah tetep aja depan wastafel. Ternyata kalau di sana, cermin-cermin itu adalah powder station alias dipergunakan sebagaimana mestinya sebagai tempat touch up make up!
Kehebohan orang dandan :))
Aku selesai duluan, jadi kebagian jagain tas. Beres-beresin barang, lipet-lipet baju kotor dan tiba-tiba ada satu cewek teriak “HEOL!” sambil lihat koper dan ransel yang berserakan dan ngehalangin tempat dia buat touch up. Aku kaget jadi langsung aja aku rapiin, itu koper dan ransel, tapi koper Mumu dan Opi ngejeblak kebuka HAHAHAHA yaudah deh aku pasrah aja aku bawa aja keluar ransel sm koperku, taro aja di luar deh bismillah terus balik lagi ke dalem jagain tas yang lain. Pas masuk lagi, si cewek itu lagi dandan dan naro tas di meja ganti popok haha maafin ya kak kita turis rempong :))

Kelar bersih-bersih, langsung ke konter KTX buat tuker tiket ke Busan. Alhamdulillah petugasnya (yang cuantikkkk sekali) lancar ngomong Bahasa Inggris, meskipun tetap dengan aksen yang lumayan tebel. OK, tiket KTX beres dan kita langsung ke minimarket terdekat untuk beli T-money. Begitu beres, langsung isi T-money dan beli tiket kereta di mesin depan stasiun. Incheon sudah terintegrasi dengan jaringan subway jadi ada stasiun, dan juga ada pool bus yang bisa antar kita ke Seoul. Tapi harga tiket bus lebih mahal dan lokasi drop-off jauh dari lokasi apartemen sewaan nanti. Incheon tidak sama dengan Seoul, guys. Incheon dengan Seoul bagaikan Cengkareng dengan Jakarta. Berjarak sekitar 50 menit dengan kereta dan ada dua kereta dari ICN ke Seoul: All-Stop Train dan Express Train. Bedanya apa? Harus pilih yang mana?
  • All-Stop Train, bentuknya kayak subway biasa, dengan bangku hadap-hadapan sepanjang badan kereta. Dia berhenti di 11 stasiun dari ICN sampai Seoul Station, dan di dalamnya nggak ada toilet. Waktu tempuh sekitar 56 menit dan harga tiketnya sekali jalan adalah KRW 4.150.
  • Express Train, bentuknya kayak kereta Parahyangan kelas Bisnis, kursinya dua-dua ngadep depan semua. Dia hanya berhenti di ICN, Hongdae, Gongdeok dan Seoul Station. Waktu tempuh sekitar 40 menit dan harga tiketnya sekali jalan adalah KRW 8.000-an.

Go figure. Nggak ada target yang harus dikejar, All Stop Train it is!

Berhubung AirBnB sewaan ada persis di luar Hongdae Station, turunlah kami di Hongdae. Tapi nggak langsung check in karena itu masih jam 14 KST sedangkan baru bisa check in di atas jam 16. Cus lah cari loker penitipan tas, lalu berangkatlah kita ke Edae alias Ewha Womens University untuk foto-foto dan makan albap. Oh iya, Edae ini adalah tujuan wisata standar banget tapi wajar dijadikan tempat wisata kenapa? Karena ini kampus LUAS BANGET dan INDAH BANGET. Suer. Langsung sedih ngebayangin kampusku yang sekiplik itu. Di sini lah kami mulai merasakan indahnya jalan kaki dan heran kenapa cewek-cewek sini bisa tetap menjaga ukuran betisnya.

Silau ya Kak matahari di Seoul terik banget emang.
Gedung kaca itu adalah Student Center. Cakep banget, definitely one of my favourite building in the world.
Dan ukuran dompetnya.

Setan banget ini jalanan sekitaran Edae! Udah tahu sih dari waktu nyusun itin, kalau jalanan sekitaran Edae adalah shopping street (sebenernya jalanan sekitaran semua kampus di Seoul kayaknya shopping street deh), tapi nggak nyangka SEMENARIK ITU. Ampuuuun. Kelar dari Edae mau nyari albap aja sempet lirik kanan kiri, beres makan albap langsung mampir! Edun banget. Langsung beli kaos kaki kayak di Bandung nggak ada kaos kaki aja… tapi ini kaos kaki lucu-lucu banget dan harganya KRW 1000 aja duuuuh borong deh langsung : )) belum lagi toko-toko Innisfree, Etude House, The Face Shop, dsb bertebaran banget macam warung. Langsung deh dapet sheetmask isi 50 bayar 25, harga satuannya dihitung-hitung KRW 650an. LHO KOK INI MALAH BELANJA?!!!! Cerita wisatanya mana?!!!

Shopping street gila.
Albap itu apa, Tiasani? Albap adalah semacam bibimbap khas Edae, entah kenapa dinamain albap tapi ada 2-3 kedai yang tulisannya ‘jual albap’. pas kita masuk ya isinya mahasiswa, dedek-dedek gemesh gitu deh. Di kedai yang kita datangi, kebetulan mereknya Alchon, kita bisa pesen bibimbap dengan topping daging (babi) atau bukan. Jadi kita pesen yang tanpa topping daging, lalu kita bisa ambil side dish dan minum air putih sepuasnya. Albap yang kita makan pun bisa kita pilih kadar kepedasannya. Aku pilih albap dengan kadar kepedasan rendah dan nyesel harusnya sedeng aja supaya agak berasa sedikit. Seporsi albap itu murah banget! KRW 3.500 aja. Perut kenyang, hati senang :)

Balik lagi ke Hongdae, kita ambil koper di loker lalu check in ke apartemen. Habis itu langsung deh TIDUR. Sengklek banget deh rasanya habis long flight terus lanjut jalan-jalan, terima kasih adrenalin aja deh, tanpa adrenalin aku nggak akan punya tenaga untuk jalan sebenernya ahaha sekitar jam 18 KST tuh udah mulai pada bangun, mandi, lalu kita siap-siap ke N Seoul Tower! N Seoul Tower tuh itu tuuuh yang banyak gembok-gemboknya! Buat yang nonton Triplets pasti tau dong adegan Triplets foto sama panda, yang mau bikin video ucapan buat emaknya habis mereka potong rambut.. nah itu tuh. Buat yang nonton Oh My Ghost, itu tuh adegan yang si Chef bawa Park Bo Young jalan-jalan terus selfie. Pokoknya yang banyak gemboknyaaaa aja.

Ada banyak cara menuju N Seoul Tower. Dari jalan kaki, naik taksi, naik bus, naik subway lanjut jalan kaki sampai naik cable car! Ini dia highlight dari N Seoul Tower. Ada cable car yang bisa kita naikin sampai puncak Namsan, sampai ke N Seoul Towernya gitu dan waktu terbaik adalah ketika matahari terbenam supaya bisa lihat sunset dengan latar belakang Seoul skyline. Wuiiii sedap. Di musim semi matahari terbenam sekitar pukul 20 KST. Niat yang mulia untuk merasakan sunset Seoul harus dilaksanakan dong, namanya cari pengalaman.

APEU.

Dasar turis santaaaai, baru keluar dari apartemen aja jam 19.30 HAHAHAHA BYE SUNSET. Keluar dari subway aja udah gelap. Jalan kaki, kedinginan, beli air botolan dulu karena haus (KENAPA GAK ISI DI APARTEMEN SIH BINGUNG DEH) dan airnya semua air kulkas :(( orang Seoul senang sekali minum air dingin sih….. padahal temperature waktu itu sekitaran 11-13 C. Gila ya?! Mana angin kenceng banget nusuk tulang.. huhuhuhu kostum udah teraneh sedunia deh, lapis 3, pakai jaket, bawa syal…. Meanwhile every local people casually wore their shorts/mini skirts. Huft nasib orang ekuator. Jalan kaki udah bete nih kedinginan, tapi masih ada secercah harapan: bentar lagi naik cable car! City lights kelihatan banget niiiih yay semangat!

APEU (2).

Cable car, malam itu, nggak beroperasi karena angin terlalu kenceng. KUCIWAAAA : ( jadi pilihannya menuju N Seoul Tower tinggal naik bus (ngantre panjaaaang banget), naik taksi (yang jarang banget) atau jalan kaki. Literally walking on foot to the top of the mountain. MEH NO. Antre bus aja sambil nyemil kimbap. Di bus ketemu rombongan teteh-teteh dari Bandung dan ngobrol sebentar…. Eh ternyata si bus ini lewat juga ke exit subway kita tadi. TAU GITUUUU tunggu aja di halte gak usah ke atas dulu. Tak ada gunanya menyesal, yang penting sampe deh ke N Seoul Tower!

APEU (3).
Sumpah ini adalah puncak N Seoul Tower bukan menara Masjid Agung Bandung.
Peluk-peluk biar manis, padahal KEDINGINAN SIST!
Itu megang gembok orang lain, karena gembok dari rumah ketinggalan.
Lho ada Enur? Sengajaaa kita bawa foto Enur seukuran A4, kita foto bareng kek gini di setiap tempat wisata ikonik yang kita datengin. Tapi agak serem yaaa ini pun pas foto dilihatin orang haha
Turun bus, masih harus jalan ke puncak gunung. Nanjak. Hihihi welcome to Seoul! Kerasa deh nikmatnyaaa jam 9 malam, naik gunung, kedinginan, disusul sama teteh-teteh yang jalan kaki santai pake heels. Tapi kita kesusul. Wkwkwkw. Di N Seoul Tower kita cuma foto-foto, nggak naik ke observatorium soalnya mahal. Target utama di sini adalah foto, foto dan foto. Eh taunya mampir ke toko souvenir. BELANJA LAGEEE. Oleh-oleh langsung dibeli aja deh, magnet-magnet lucu gitu KRW 1000 dapet 4, mayaan. Beli juga satu gantungan kunci Teddy Bear pakai hanbok. Ah, seandainya Museum Teddy Bear yang ada di Goong itu masih di sini belum pindah ke Jeju huhuhuhu

Pas mau pulang, kami bingung. Naik apa ya… bus nomor berapa ya…. Akhirnya inget-inget dulu exit subway tadi di jalan apa, lalu cari deh. Ada bus no 2 dan no 3 yang lewat. Semuanya antreannya panjang bangeeet huhuhuhu aku bingung antre dimana. Akhirnya antre di bus no 2 dan bersabar… kedinginan…. Kena serobot rombongan turis Cina…. Kedinginan.. cilukba sama anak bayi Vietnam lalu busnya datang! Alhamdulillah mari cari kursiiii. Sempet ketiduran sekejap di bus, tapi langsung siaga begitu tau sebentar lagi tempat turun. Sistem bus di Seoul, kita harus pencet tombol kalau mau turun di halte berikutnya, karena bisa jadi si bus nggak berhenti di halte tersebut kalau nggak ada yang pencet tombol turun. Siap-siap. Aku pencet tombol. KOK PINTU BUSNYA NGGAK KEBUKA PADAHAL BUSNYA LAGI BERHENTI?!  Huhuhuhu capeeek ingin pulang, nggak mau pake nyasar bisa nggak : ((

TAUNYA DIA BERHENTI 5 MENIT KEMUDIAN KARENA TADI TUH KENA LAMPU MERAH.
Udah malu deh sama teteh-aa di sekitar, aku sempet panik wekekek

Beli Lotteria dulu buat makan malam, lalu pulang! Sampai di apartemen udah jam 23.30 KST, wuiii anak malam. Padahal di Hongdae situ masih penuh banget anak muda lagi pada nangkring lho…. Makan malam, seduh ramyun, seduk tteokpokki, bersih-bersih, solat lalu tidurrrrrr. Besok kita ke Busan!

Verdict: hari pertama ini lebih banyak blundernya daripada nurut ke itinnya HAHAHA apa itu itin, ada yang menarik langsung belok. Tapi ya sesuai dengan deal awal kan: yang penting sampe! Enjoy the journey!

Ewha Womens University/Edae
Subway line 2 arah City Hall, turun di Ewha Womens University Station/Edae, keluar via exit 2. Ambil jalan ke kanan (shopping street), Edae ada di ujung jalan.

N Seoul Tower
Subway line 4 arah Heohyon, turun di Myeongdong Station, keluar via exit 4.
Naik cable car: Jalan kaki ke arah kiri sampai perempatan besar lalu belok kiri. Lurus terus sampai ada Plaza Namsan Tunnel 3 (sebelum pintu tol) lalu lanjut naik Namsan Oreumi untuk bisa sampai ke pelataran cable car. Tiket return cable car N Seoul Tower adalah KRW 8.500 (termasuk tiket ke observatorium).

Naik bus: langsung naik bus no 2 atau no 3 dari halte nggak jauh dari exit 4 Myeongdong Station. Turun langsung di N Seoul Tower, nggak ngerasain Namsan Oreumi.

No comments:

Post a Comment

Any comments?