20160825

Visit Korea 2016: Seoul-Busan (Day 2)

Waktunya naik kereta! 
Seoul Station, 2016.
Begitu bangun pagi ampuuuun sengklek banget rasanya ini badan, baru sehari ini gimana ini teh udah sengklek lagi?! Hari kedua ini adalah harinya pindah kota alias mau ke Busan dulu 2 hari 1 malam, naik KTX. Tiket KTX bisa di-book dari H-30 hari keberangkatan, di web Korail sudah jelas petunjuk Bahasa Inggrisnya, tapi bayarnya musti pakai kartu kredit di tempat tuker tiket. Jadi jangan lupa dibawa ya kartu kreditnya. Untuk anak muda, ada yang namanya KR Youth Pass/Korail Pass alias kartu diskon khusus anak muda maks umur 25 tahun. Pass ini sistemnya paketan hari, jadi kita bisa beli tiket untuk 1, 3, 5, dan 7 hari kalau enggak salah inget. Pass ini yang nanti tinggal ditunjukkin setiap kita mau tuker tiket KTX dan bebas dipakai untuk naik KTX tujuan ke manapun selama masih dalam rentang waktu Pass yang kita punya. Tiket KTX kami kan sudah dituker di bandara, tinggal pilih jam keberangkatan kereta lalu naik deh menuju Busan. Harusnya simpel kan ya.. tetep aja kami mah ribet. Bukan temenjalandotcom kalau nggak ribet di setiap suasana hihihihihihihihi

Jadi gini, rute perjalanan itu kan Seoul Station – Busan Station. Tapi karena apartemen sewaan ada di Hongdae, jadi rutenya adalah Hongdae Station – Seoul Station – Busan Station. Hari itu kebeneran barengan dengan Children’s Day di Korea sana yang mana adalah hari libur nasional dan itu tuh ya semua orang keluar rumah entah piknik atau mudik, semacam lebaran deh.. subway penuh banget. Taman penuh, Yeouido dan sepanjang Hangang kayaknya gila-gilaan penuhnya, semua orang piknik. Apa kita pilih hari yang salah untuk pindah kota…. TENTU SAJA SALAH! Tapi ini sudah masuk perhitungan kok, jadi dinikmati aja :)
Sampai di Seoul Station langsung cari loker buat taro koper, karena rencananya ke Busan maunya bawa ransel doang biar nggak ribet. Waduh penuh semua sampe kemringet nyari loker kosong. Akhirnya nemu di B2 (sejajar dengan subway) dan perjuangan banget itu masukin cabin-size luggage ke loker ukuran medium. Tap T-money lalu cus lari lagi ke lantai dasar karena tinggal 10 menit sebelum keretanya berangkat, males banget kalau ketinggalan kereta kan huhuhu
Menuju Busan, peron 5. Seoul Station, 2016.
Setelah tilik-tilik layar, kereta ada di peron 5, oke mari turun ke peron 5. Nangkring lah di depan kereta, nungguin Opi yang lagi beli es kopi (doyan banget dia beli gituan selama di sana) sambil foto-foto. Tiba-tiba ada ajusshi janitor yang nyuruh cepet-cepet masuk kereta. Aku pun ngeiyain, tapi ya nggak gerak juga sampai si ajusshi agak kesel gitu hahaha maafin aku ajusshi aku kan masih nungguin Opi kasihan kalau Opi ditinggal. Lagian ngapain juga masuk duluan ke kereta orang kami kami ini nggak dapet kursi. YA BETUL SAUDARA-SAUDARA! Kami nggak dapet kursi!
Tip naik KTX dari Tiasani nih ya: jangan pilih hari keberangkatan naik KTX yang barengan sama hari libur nasional Korea APAPUN karena kursi akan keburu penuh di-book sama orang lokal dan kita para turis hanya bisa berdiri di lorong sepanjang perjalanan. INI KTX APA PRIMAJASA LEBAK BULUS-GARUT……
Ini sudah dibilangin sih sama petugas tiket, jadi ya sekali lagi, dinikmati aja:) Udah terlatih juga kan berdiri di kendaraan umum selama di Jakarta wekekekek lumayan lho ini perjalanan Seoul-Busan 3 jam, berdiri selama itu mantap juga kan. Setelah 2 jam perjalanan kaki mulai sakit, mulai lirik-lirik bangku kosong di gerbong terdekat. Prinsipnya: kalau ada bangku kosong langsung dudukin aja, nanti kalau ada yang punya tiket di stasiun selanjutnya ya baru berdiri lagi. Lumayan banget lho aku dan Icmi dapet bangku kosong di 1 jam terakhir perjalanan yang berhasil bikin aku tidur nyaman sampai ngorok dan mangap (kata Icmi).

Busan! Busan Station, 2016.
Sesampainya di Busan, lapar banget karena tadi di kereta cuma diganjel kimbap (lagi dan lagi dan lagi wakakakak kimbap I luv u) akhirnya kita cari makan siang deh di stasiun. Tiba-tiba ada pemandangan menarik….yaitu…. oemuk alias fishcake! AMPUN ENAKNYA. Tokonya kecil namanya SAMJIN FISHCAKE, nggak sempet kufoto saking terlalu fokus pilih makanan, sistemnya ambil sendiri lalu bayar dan harganya beragam dari KRW 500 sampai KRW 3.500 ada. WADUUUU mantap banget itu piknik depan stasiun, duduk di sekitaran para nenek-kakek sambil makan nasi kari plus oemuk. Nggak nyambung tapi tetep nikmat, karena lapar dan nikmat Allah yang mana yang bisa kita dustakan, betul? 
Piknik dulu, Kak, lapar. Busan Station, 2016.
Beres makan langsung jalan menuju stasiun subway, karena di Busan ini stasiun KTX dan stasiun subway beda tempat, nggak terintegrasi di satu gedung kayak di Seoul. Cus kita naik subway menuju Gamcheon Culture Village!
Spot teravorit di Busan Station, 2016. Selain Samjin Fishcake, tentunyaaa!

No comments:

Post a Comment

Any comments?