20160901

Visit Korea 2016: BIFF Square, Busan (Day 3)

Huffff hampir aja kelewatan #throwbackthursday, kerjaan lagi numpuk, deadline saling bersenggolan dan semuanya nagih haha mending juga lanjutin cerita, ya! Nulis selalu berhasil jadi terapi relaksasi :) Hmm, hari ke-3 bangun pagi di Busan dengan semangat karena agenda hari itu adalah ke Haeundae Beach dan Dongbaek-seom. Itinerary yang dibikin sih nyuruh kita start jalan jam 7 atau 7.30 biar enggak perlu lari-lari ngejar kereta balik ke Seoul. Nyatanya?
O TENTU SAJA TIDAK SESUAI.
Bangun pagi, badan tetap sengklek akibat Gamcheon. Terima kasih Gamcheon sengklek banget mendaki satu desa itu…… bangun pagi badan rasanya pataaaaah! Niat ingin langsung ganti baju aja biar jalan ke Haeundae gak pake mandi, karena apartemen sewaan kita sodekat dengan Haeundae, 5 menit doangan jalan kaki. TAUNYA HUJAN :(((((( bye Haeundae bye Dongbaek-seom, kami para turis kere nan mager langsung sepakat untuk kembali ke kasur lanjut tidur selimutan setelah nge-message pemilik apartemen untuk late check out. Pfffft mudah sekali menyerah, yaaa, tapi memang mau apa atuh hujan-hujan ke pantai? Ngantuk pula… tidur lagi lah jawabannya.

Cuaca se-gloomy ini yakin mau ke pantai? Haeundaeu, Busan, 2016
Sekitaran jam 10 pada bangun, bukan karena kantuk hilang tapi karena lapar. Sarapan dengan sisa-sisa makan semalam, lalu cuci piring dan sortir sampah. Di apartemen sewaan di Busan ada petunjuknya sampah mana ditaruh mana, kertas dipisah dengan plastik dan botol air mineral di satu keresek sendiri. Sebagai anak TL yang mainan sampah, aku terharu :_) sebelum check out tak lupa bersih-bersih apartemen dulu supaya pemilik apartemen nggak murka lihat serakan rambut dan botol banana uyu di mana-mana. Alhamdulillah setiap apartemen yang kita sewa udah lengkap peralatan bersih-bersihnya dan tinggal klik doang alias mereka pasti punya vacuum cleaner! Selesai bersih-bersih langsung cus naik subway ke BIFF (Busan International Film Festival) Square. Mau ngapain? Nonton bioskop?
O TENTU TIDAK.
BIFF Square, Busan, 2016.
MAU J A J A N ! Sumpah deh Busan ini makanannya surgawi banget. Ampuuuun! Di BIFF Square ini tuh ibarat hmmmm apa ya ibarat Pasjum depan kampus tiap Jumat siang deh! Isinya tukang dagang jajanan semua, Korean streetfood yang selama ini hanya kulihat di layar laptop atau menu Mujigae (tapi nggak pernah mesen), dimasak di tempat jadi semuanya hangat… dan terpenting adalah bahan utamanya jarang yang haram wkwk penting banget ini mah kalau wisata, harus tetap menjaga diri dari segala yang haram dongs. Sampai pusing mau pilih jajanan yang mana soalnya jatah jajan kan terbatas #turiskere. Hotteok, tteokbokki, kentang plintir (kalau di Bandung namanya ‘kentang korea’), gorengan, sampai patbingsu ada semua gimana nggak pusing??? Di BIFF ini tiba-tiba gerimis, untung aku si anak pramuka siap sedia payung dan jaketku semi-waterproof jadi tetap kering. Cuma DINGIN AJA GILAX. Padahal aku udah dobel kaos kaki ahjumma yang kubeli di stasiun, tetep semriwing……. ((menatap nanar ke cewek-cewek yang tetep pake shorts dan/atau rok mini di tengah gempuran angina dingin))


Gurita bakar. BIFF Square, Busan, 2016.
Pernah masuk Running Man, ini kios mandu alias dumplings alias pangsit. BIFF Square, Busan, 2016.
Jajan hotteok madu-kacang, kios ini pernah diliput SBS cenah.. BIFF Square, Busan, 2016.
Kegirangan makan hotteok. BIFF Square, Busan, 2016.
Imonimdeul, kim--chiiii :D BIFF Square, Busan, 2016.
Sebagai time-keeper di wisata kali ini, karena aku megang bagian transport, aku nggak pernah bosen untuk ngecek jam dan ukur waktu dan tereak ‘YUK GAES PINDAH LOKASI,’ atau ‘DI SINI SETENGAH JAM LAGI YAAA BIAR KITA GAK LARI NGEJAR KERETA’, yang gitu-gitu lah ya kebayang kan? Nah, di BIFF Square ini aku udah ngatur waktu supaya kita sempet mampir Lotteria dulu untuk beli makan siang buat dimakan di kereta menuju Seoul (karena jajan doang mana kenyang) sebelum balik ke Busan Station dengan santai. Ulangi, dengan santai. Sampai di Lotteria langsung pilih menu yang paling cepet: burger ayam dan burger udang paketan dengan kentang dan minum. Biar cepet! Waktu kita Cuma 15 menit supaya bisa jalan balik santai ke Busan Station.

EH MALAH LAMA.

Harap-harap cemas nunggu Lotteria. BIFF Square, Busan, 2016.
Ini Lotteria atau Gelap Nyawang sih?!!! Nggak ngerti ya ini turis panik takut ketinggalan kereta balik ke Seoul? Huhuhuhuhu jadi aja waktu itu kudu lari-lari. Jalan cepet sih lebih tepatnya di BIFF Square karena takut kepeleset. Baru lari tuh pas keluar dari Busan Subway Station menuju Busan Station. LARI BENERAN LARI! Rempong banget lari sambil bawa bungkusan Lotteria dan si Opi sambil ngerogoh tiket KTX gila deh paniknya. Tak ada liburan tanpa panik ngejar kereta/pesawat! Percaya nggak percaya, kami naik KTX pas banget keretanya jalan. Allah masih sayang sama temenjalandotcom… Alhamdulillah nggak ketinggalan kereta, meskipun jadinya jalan 8 gerbong karena kita naik di gerbong 9 padahal kursi kita di gerbong 1 :P

Berkaca dari pengalaman berdiri di KTX Seoul-Busan hari sebelumnya, kami langsung tuker KR Youth Pass dengan tiket KTX Busan-Seoul begitu kami sampai di Busan Station kemarin. Saking parnonya berdiri 3 jam lagi hahaha tapi karena itu kan kami jadi dapet tempat duduk, aman banget di KTCX duduk, bisa makan siang, bisa solat dengan tenang dan terpenting: bisa tidur!!! Alhamdulillah. Sampai jumpa lagi, Busan!

Menuju BIFF Square
Jagalchi Station, keluar via exit 7. Nyebrang lalu cari gapura BIFF Square dengan payung-payung kios warna merah-kuning. Selamat jajan!

No comments:

Post a Comment

Any comments?