20170904

Nyupir Selama Hamil

Yup! Selama hamil, sampai sekarang, bahkan sampai tadi siang sampai ke kantor, aku masih nyupir sendiri. Biasanya memang diantar Aa selama 2 minggu terakhir, karena 1) Jalan Soetta masih di-cor jadi belokan jalan tikus kesayanganku nggak bisa diakses, aku harus muter jauuuuh banget dan rasanya males untuk nyupir menempuh kemacetan Jalan Soetta hanya untuk muter ke jalan tikus. Dibonceng naik motor aja, deh, biar ringkas, 2) Kakiku mulai bengkak dan karena alasan sebelumnya lah aku malas nyupir lama, 3) Rasanya lebih mesra diantar jemput Aa pas lagi hamil gini..... wkwkwkw alasan nomor 3 diada-adain....... eh ternyata, sedari minggu lalu Aa biztrip ke Papua untuk sebulan lamanya. Bye ojeg pribadi kesayanganku, sebulan lagi kita berjumpa, sebulan lagi belum tentu aku masih mau diantar naik motor kemana-mana karena perut udah mulai belendung, hhehehe.

Selama Aa di lapangan, Nanan bisa anter-anter aku karena dia masih libur. Ternyata, dia juga kabur! Dia main ke Makassar, seminggu, selang 3 hari dari berangkatnya Aa ke Papua. Oke tenang, masih ada Ayah yang setia mengantar jemput aku, meskipun aku jadi suka pulang lewat maghrib karena Ayah jauh jemputnya, dari Caringin ke Antapani. Ternyata, Ayah kudu ke Medan sampai weekend ini....... WELKOM TIASANI NYUPIR SENDIRI LAGI!
Nyupir sendiri selama hamil tuh... gimana ya, rasanya. Nano-nano. Aku senang nyupir sendiri, semacam me time, tapi itu sebelum hamil ya.. setelah hamil gini rasanya ingin cepat sampai kamar lalu rebahan hahaha! Selama hamil ini aku sebisa mungkin nebeng teman kalau ada acara di luar rumah pas weekend (thank you Icmi!), kalau di rumah nggak ada yang bisa anter (terutama setelah Aa ke lapangan). Tapi kan aku tidak bisa selamanya nebeng, masa kudu cocok-cocokin acara sama orang lain terus sih, kalau aku perlu ke pasar untuk beli bahan dagangan, harus gimanaaa? Gojek mahal sekarang hiks

Jadilah aku nyupir sendiri. (LOOPING YA)

Nyupir sendiri selama hamil bikin aku lebih sadar kalau aku harus lebih berhati-hati. No more ngebut di jalanan malam-malam. No more lindes polisi tidur seenaknya. No More texting while driving (kalau lampu merah masih sih hahaa). No more "gak usah pake seatbelt ah orang cuma ke atm bentar". NO. MORE. Aku jadi jauuuh lebih hati-hati, jauh lebih sabar. Biasanya main salip, ini mah ikutin aja deh meskipun menyebalkan. Aku juga jadi bawa lebih banyak barang bawaan karena cemilan dan air putih harus selalu ada dalam jangkauan tangan selama nyupir, ibu hamil lapar kalau gak nyemil kan.... seatbelt juga selalu aku pakai, meskipun pas awal-awal hamil aku pernah cerita kan aku sebel pakai seatbelt karena sesak dan ingin beli bantalan biar gak neken perut. 

Gambar dari sini.
Sekarang aku udah punya triknya supaya nyupirku lebih nyaman dan aman! Plus perutku udah mulai berbentuk bundar dan berpusat di pusar, jadi pakai seatbelt pun lebih enakeun. Triknya adalah..... 
  1. Pakai seatbelt seperti gambar di atas. Tali dada melintang serong di antara dua payudara (alias cleavage), tali perut melintang di bawah perut, dekat paha. JANGAN PERNAH, i repeat JANGAN PERNAH taro tali perut melintah di perut, soalnya nanti perutnya sesak tiada dua.
  2. Sisakan jarak setidaknya 10 cm antara puncak perut dan setir, supaya gak kegesek-gesek pas belok.
  3. Ingat untuk selalu pakai pakaian yang nyaman selama nyupir, terutama bra supaya pas lagi nyupir gak sesak napas atau belibet sama tali bra sendiri.
  4. Sedia selalu minuman dan camilan (ibu hamil harus pilih cemilan sehat dong yesssss *lirik bungkus McFlurry di pojokan mobil) dalam jangkauan tangan ibu selama ibu nyupir. Penting lho ini, daripada nggak fokus pas ubek-ubek tas/keresek belanjaan untuk ambil cemilan kan, mending ditaro aja gitu di tempat yang telah disediakan di mobil kita.
  5. STOP TEXTING WHILE DRIVING. Pasang google maps/waze SEBELUM nyupir, dan nyalakan speakernya biar gak pegang-pegang hp. Pasang musik/ipod/radio juga sebisa mungkin SEBELUM nyupir. Gak usah posting-posting apapun dulu, apalagi instastory pas lagi nyupir. Biar fokus nyupirnyaa, ih!
  6. Pakailah alas kaki yang nyaman. Kalau toh kaki bengkak sesudah nyupir, langsung di-recovery ya di rumah.
  7. Cari rute tercepat via aplikasi di hp (atau kalau di Bandung, bisa setel radio kek PRFM atau elshinta untuk tahu berita jalanan terkini) yang disetel sebelum mulai nyupir. JANGAN CEK PAS LAGI DI JALAN YA, apalagi cek twitter #jalananbandung, atau apalah.
  8. Selalu sabar, dengan cara biarkan lawan main ibu jalan duluan. Biarin dibilang nyupirnya culun atau penakut, kehidupan dalam perut ini jauuuuh lebih berharga dibandingkan omongan-omongan itu. Ingat untuk selalu nyalakan lampu sen sebelum belok, rem sebelum polisi tidur, jangan antre di ramp pas keluar mau bayar tiket parkir di mal...
  9. Ingat berdoa, minta untuk selalu dilindungi oleh Allah SWT sampai tiba di tujuan.
  10. Enjoy driving! Stay safe!
Dari 10 trik itu, semuanya susah banget untuk dilakukan, apalagi kalau buru-buru kan. Tapi ingatlah, keselamatan itu selalu harus diutamakan, sebelum yang lain. Kecuali perut yang lapar. NGGAK JUGA AH, yang penting aman, nyaman, selamat sampai tujuan.

Oh iya, untuk semua kasus kehamilan sama ya... segera hentikan kegiatan nyupir kalau kerasa ada apa-apa, apalagi kalau udah deket-deket HPL. Selama nggak ada larangan dari dokter atas indikasi medis, ibu hamil masih boleh nyupir kok, cuma ya harap memperhatikan keadaan diri sendiri dan si bayi juga... tanteku h-2 lahiran masih nyupir kemana-mana dan dia happy terus jadi dokter pun gak larang apa-apa. Then again, every pregnancy is different so drive mindfully and carefully.

Stay safe, buibu!

No comments:

Post a Comment

Any comments?