20170822

Trimester 2

Nggak kerasa banget! Tiba-tiba reminder di HP bunyi, "You Are 24 weeks pregnant!". HAH APA SUDAH 24 MINGGU BERLALU? Kok nggak kerasa ya.... waktu lewat 20 minggu memang aku sengaja bikin reminder sih karena itu setengah perjalanan gitu kan (perhitungan hamil full-term 40 minggu), tapi tetep aja pas ada kemunculan reminder di HP itu aku kaget dan bengong. Sudah 24 minggu aku bawa Mowi dalam perut, alhamdulillah.... Kebetulan tadi pagi baru kontrol bulanan dan hasilnya alhamdulillah semua bagus, Mowi kayaknya besar, hahaha dari hasil pengukuran USG dia umurnya 24 - 25 minggu, tapi beratnya kira-kira 765 gr yang mana menurut tabel berat janin, dia udah 26 minggu. AHAHAHAHA BESAR YA MOW ALHAMDULILLAH. Tabel berat janinnya sih aku cari di google aja, nanti kalau aku niat aku bikin sendiri aja gitu buat dipajang di blog? Ah males tapi... ini aku juga suka baca dan belajar dari sini.

16 weeks to go!

Akunya gimana?

Memasuki trimester kedua ini, aku udah nggak mual/enek lagi, ya sebetulnya mual/enek itu udah hilang sepenuhnya di minggu ke-12 hehe alhamdulillah. Selepas bulan puasa aku langsung naik berat badan secara gradual, perlahan tapi pasti setiap bulan naik 2 - 3 kg karena bebas makan dan ngemil sampe Aa protes, "Kamu tuh makannya dijaga, kek, bisi kegedean si Mowi nanti susah lahirannya," iya sehhhhh aku juga takut kena diabetes gestational secara aku kalau ngemil ujung-ujungnya adalah karbo atau buah tapi yang manis hahaha tapi aku tuh di trimester kedua ini merasa aku nggak pernah kenyang :( Menakutkan banget mikir kenapa aku kok lapar terus ya.... akhirnya solusi terakhir adalah aku harus disiplin sendiri: makan berat 3 x dan snack 2 x sehari. Lapar di luar itu aku harus puas dengan minum air! Onta ini akan semakin jadi onta.

Kenapa sih kok membatasi makan? Well, sebetulnya bukan membatasi dalam artian aku sok-sok diet ya, atau gak mau gendut selama hamil (YA SIAPA YANG GAK MAU HAMIL ARTIS GITU KAN?!), aku tuh pasrah aja kemana hamil ini akan membawaku. Asal Mowi sehat dan selamat, lahir gak kurang suatu apapun, aku rela~~ Aku membatasi makan setelah baca banyak artikel (terutama di aplikasi kehamilan yang aku pakai) yang nulis kalau kebutuhan nutrisi tambahan untuk ibu hamil itu hanyalah 300-450 kalori per hari, itu pun ketika memasuki trimester ketiga. Sebanyak apa sih btw 300-450 kalori tuh?

1 buah Pisang cocol selai kacang, atau 1 cup yogurt tabur kacang-kacangan/berries. ITU DOANG BOS, bukan tambahan 1 porsi nasi, atau 2 potong croissant dunkin donut (yang enak banget), atau roti pandan keju. Bukan :( Pedih rasanya ketika tahu fakta ini... berarti aku banyak makan tuh ya lari ke badan aku, bukan ke Mowi. Hmmmmmmmmmmmmm tapi kenapa aku masih sering merasa lapar sih.

Terlepas dari drama pengaturan makananku, Mowi sendiri adalah seorang janin yang sangat gemesin. Tendangannya aktif, terutama kalau habis makan HAHAHA Mowi di umur 24 minggu ini juga sudah bisa diajak ngobrol dan suka banget bercanda sama Apanya. Mowi janin yang tidak haus publisitas, karena berkali-kali aku berusaha rekam gerakan tendangannya begitu disodori kamera dia ujug-ujug diem :( MOW ITU BUAT DIKIRIM KE APA LHO BUKAN BUAT DIUPLOAD DI INSTAGRAM..... Nggak apa-apa, Nak, kamu tetap ngegemesin dan selalu bikin Mamah ketawa kalau udah gerak-gerak lincah. Mowi juga suka deg-degan kalau lagi kontrol dokter, persis Apanya, yang selalu tegang tiap ke dokter. Biasanya lincah, pas usg tuh Mowi bisa diem kaku gitu haha gemes ih gak usah takut atuh Mow, cuma mau dilihat kok kesehatanmu gimana, lagian Mamah juga senang kalau kontrol ke dokter artinya bisa ngintip kan kamu lagi apa di dalem sana...

Oh iya, tendangan dan gerakan Mowi makin kerasa jelas di umur 24 minggu, sudah cukup jelas bikin perut aku melendung-melendung sendiri kalau dia lagi kungfu di dalem sana. Tapi kadang Mowi juga cuma senang tekan-tekan kandung kemihku jadi bikin aku kepengen pipis. Kadang Mowi gerak di sekitar udel, kadang di kanan, kadang di kiri, kadang di bawah. Masih bisa manuver di dalam rahim, karena ukurannya juga baru sekitar 30 cm, ruang gerak masih luaaaaaaas, ya Nak?

Trimester kedua ini berarti banyak PR buatku, supaya bisa mewujudkan kehamilan dan persalinan yang aman, nyaman, sehat dan selamat. PRnya lumayan banyak dan sebisa mungkin aku kerjain (plus selalu diingetin sama Aa).

  • Olahraga rutin, sesimpel jalan kaki 30 menit sehari atau renang 1 jam seminggu. Ini belum jadi kegiatan rutin banget karena sering riweuh pagi-pagi sebelum ngantor, baru bisa nyempetin renang seminggu sekali.
  • Makan buah dan sayuran hijau. Insya Allah bisa rutin, karena DOYAN. Cuma entah kenapa mood makan sayuran hijau agak turun kalau sayurannya gak dimasak sesuai keinginan hati... ribet ih, jangan ribet ah harus memudahkan hidup. Ayo makan sayuran hijau!
  • Minum air kelapa dan bubur kacang hijau. Air kelapanya suka males beli :( kalau bubur kacang bisa setiap hari karena Mang Bubur Kacang lewat sebelum aku berangkat kerja.
  • Khatam Quran. Terwajib sedunia, aku ingin Mowi selalu rutin mendengar murotal Quran dari aku dan Aa setiap subuh dan magrib, bismillaaaah.
  • Minum vitamin prenatal dan susu hamil. Kegiatan terfavorit karena aku suka minum obat/vitamin ngikutin resep (1) dan susu hamilku yang rasa coklat enak bikin tidur nyenyak (2).
  • Ngobrol setiap malam sama Mowi (kadang bertiga sama Apanya kalau Apanya gak bablas tidur).
  • Yoga prenatal. Belum sempeeeet hiks
  • Ke klinik laktasi. More on this later, yah!
  • Bikin list kebutuhan Mowi dan Mamah versi lengkap. Termasuk menuruti prinsip kebutuhan vs keinginan supaya gak boros dan efektif serta efisien dalam menjalani kehidupan (dan menyelamatkan dompet).
Banyak yah, tapi kebanyakan mah dibikin-bikin aja biar sibuk gak bengong tiap malem hehehehe bismillah semoga Mowi dan aku selalu sehat, kehamilanku lancar sampai persalinan nanti, aamiin...



No comments:

Post a Comment

Any comments?